Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Cara Daftar Domain Blog Baru Dengan Mudah

Pada saat membuat blog banyak sekali tugas yang harus kita lakukan diantaranya membuat postingan mengedit template blog menganti domain dan lain sebagainya tugas tersebut wajib dilakukan oleh setiap penulis blog.

Seperti halnya domain blog kita juga harus pertimbangkannya. Tetapi kalau bisa anda ada niatnya untuk mengganti atau beralih kedomain prabayar yang begitu banyak situsweb di internet yang menyediakan layanan pembelian domain. Dengan harga promo yang bervariasi mulai dari harga berlabel diskon 10% hingga 90% yang mereka tawarkan, dengan adanya harga promo tersebut kalian dapat menggunakan kesempatannya mengganti domain bawaan default blognya.

Tunggu apa lagi segeralah beralih kedomain prabayar.Tapi sebelumnya saya akan jelaskan sedikit apa itu domain? dan jenis domain apa saja? yang bisa anda gunakan nantinya agar anda tidak salah memilih untuk domain situsblognya.

Menurut sumber yang saya dapat dari google penelusuran. Domain merupakan nama untuk mengidentifikasi nama server seperti web server, domin sendiri memiliki banyak jenis bahkan disetiap negara memiliki berbagai jenis domain yang sangat banyak.

Domain terbagi menjadi tiga level yaitu top level domain, second level domain, dan third level domain. Namaun kali ini saya akan share ke kalian apa saja jenis domain dan seperti apa fungsi yang ada dalam level top domain, dan berikut pengertian dan jenis-jenis domain situsweb:

Jenis-Jenis Domain dan Pengertiannya 

1. Domain COM. 

Merupakan domain yang sudah sangat umum digunakan, domain ini merupakan domain yang di buat memang di gunakan untuk situsblog atau situsweb umum, baik di gunakan untuk pribadi maupun bisnis perusahaan.

2. Domain NET. 

Merupakan domain yang digunakn untuk situsweb yang berkaitan tentang internet.

3. Domain ORG. 

Merupakan domain yang diguna kan untuk website yang ber kaitan dengan ke pentingan sebuah organisasi tertentu.

4. Domain INFO. 

Merupakan domain yang di gunkan untuk web yang berkaitan sebagai informasi untuk menginfokan sesuatu.

5. Domain NAME.

Merupakan domain yang diguna kan untuk website pribadi. Biasa nya di gunakan untuk web keluarga yang mengunakan title nama keluargabesar. Dan hanya bisa diakses atas izin pemilik website.

6. Domain EDU. 

Merupakan domain yang diguna kan untuk website yang berkaitan dengan pendidikan. Dan hanya terbatas bisa digunkan untuk pendidikan.

7. Domain MIL. 

Merupakan domain yang digunakan untuk website yang berkaitan dengan angkatan militer amerika dan hanya bisa digunakan oleh angkatan militer amerika tersebut.

8. Domain BIZ. 

Merupakan domain yang digunakan untuk website dengan ke perluan bisnis. Biz sendiri diambil dari kata BUsissnes.

9. Domain TV. 

Merupakan domain yang biasa digunakan oleh perusahaan media pers seperti stasiun televise, radio, majalah atau Koran.

10. Domain TRAVEL. 

Merupakan domain yang biasa digunkan oleh perusahhan penyededia jasa pariwisata seperti penyedia paket tour.

Nah itulah beberapa jenis domain dalam kategori top level domain beserta fungsinya, barangkali anda sudah memahaminya dan tinggal memilih yang mana sesuai untuk domain situsblog kalian nantinya.

jika anda sudah menentukan pilihan yang tepat maka carilah situsweb lewat internet yang menyediakan layanan domain-domain tersebut, namun jika anda belum tahu disitusweb yang mana? dan bagaimana cara mendaftarnya?

Untuk itu dalam artikel ini sekaligus saya akan mengrekomendasikan kekalian beberapa daftar website penyedia domain dan hosting termurah juga terpercaya sejagat maya ini, untuk digunakan pada domain dan hosting blog atau web anda berikut di bawah ini:

Web Penyedia Domain dan Hosting Termurah dan Terpercaya; 

1.Niagahoster 

merupakan penyedia hosting terbesar di indonesia berdiri sejak tahun 2013 beralamat kantor di Yogyakarta, walau masih terbilang penyedia domain dan hosting yang masih baru namun niagahoster sudah menjadi penyedia domain dan hosting terpercaya di Indonesia saat ini selain itu tarif hosting yang relatif murah dan kecepatan yang stabil, dengan uptime 99,97% dan untuk harga Rp:10000 perbulan.

2.Hostinger 

merupakan penyedia hosting dan domain yang sudah cukup lama ada berdiri sejak tahun 2004 kala itu dengan nama hosting media,lamanya hostinger ini beroperasi, membuktikan bahwa jasa penyedia hosting ini dapat dipercaya dan untuk harga dlam hostinger juga masih relatif murah dengan kecepatan yang stabil dengan uptime 99,89% untuk harganya mulai Rp:10819 pertahun.

3.Jagoan Hosting 

Merupakan penyedia domain dan hosting yang sudah dikenal banyak kalangan pembuat situsweb dikarenakan jagoan hosting ini memiliki banyak jenis paket dan kecepatan yang stabil dengn uptime 99,88% danharga paling murah yaitu mulai dari Rp:2300 perbulan dan juga keamanan cukup rekomended.

Untuk tiga situsweb penyedia domain dan juga hosting diatas merupakan yang terbilang terbaik saat ini dengan harga yang murah dan ketiga penyedia domain dan hosting tersebut juga memberikan jaminan keamanan data bagi para pelanggannya. Selain itu juga terdapat keuntungan lainnya seperti gratis domain plus SSL dan juga bandwith unlimited.

Selanjutnya anda tinggal mengunjugi salah satu web tersebut diatas untuk mendaftar kemudian ikuti petunjuk yang ada pada situsweb, namun jika anda masih bingung dan belum mengetahui cara mendaftar, maka ikuti langkah-langkah yang akan saya paparkan dibawah berikut ini Cara Daftar Domain Blog:

Daftar Domain Pada Website Niagahoster

Langkah Pertama 1.

Buka Website Niagahoster pada browser Pc atau Laptop anda. Jika sudah terbuka maka arahkan pointer mouse kalian ke menu navigasi website Niagahoster yang bertuliskan DOMAIN, Seperti gambar dibawah berikut ini;

Langkah Kedua 2.

Lalu klik maka akan muncul halaman baru, dan dihalaman baru tersebut anda akan menjumpai ada sebuah kolom domain search, kemudian tulis atau ketikan nama blog anda pada kolom lalu pilih ekstensi domain kemudian klik tombol CEK DOMAIN, seperti gambar contoh berikut ini:

Langkah Ketiga 3. 

Setelah tombol CEK DOMAIN diklik maka anda akan di alihkan kehalaman baru dan jika nama domain untuk blog anda tersedia maka akan ada tulisan yang muncul Kabar baik! Domain ini tersedia, selanjutnnya anda tinggal klik Tambah Ke Cart, Lalu kemudian klik lagi tombol Selanjutnya yang berwarna biru dibawah, sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini;

Langkah Keempat 4.

Jika tombol Selanjutnya sudah anda klik maka akan muncullah halaman tabel paket domain dan hosting lengkap dengan harga perpaketnnya, untuk pilihan paket terserah anda, mau pilih paket domain lengkap dengan hostinnya atau mau order paket domain saja, namun jika anda pilih hanya domain maka langsung saja klik tombol Order Tanpa Hosting, dan gambarnya seperti dibawah:

Langkah Kelima 5.

Sudah diklik Tombol Order Tanpa Hosting dan muncul halaman baru pop up tambah paket order, jika anda mau tambah paket maka beri tanda centang tepat dikolom kotak kecil samping kiri tulisan Paket Starter Website Builder Weebly 1 bulan-Rp 70.000,- dan bila tidak kepingin paket tersebut abaikan saja pilihannya dan kemudian klik tombol Selanjutnnya. Nah gambarnya demikian;

Langkah Keenam 6.

Maka akan tampil halaman total harga pembayaran untuk orderan domain, beserta pilihan fasilitas tambahan seperti webuilder dan WHOIS protection, jika anda mau gunakan fasilitas tambahan pilih lah ya tambahkan jika tidak maka abaikan saja lalu kemudian klik lagi tombol Selanjutnya, seperti pada gambar berikut;

Langkah Ketujuh 7. 

Pada langkah ini anda akan diarahkan kehalaman Checkout atau rincian order yang bilamana anda belum pernah mendaftar ke website Niagahoster dan anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai pengguna baru atau sudah punya akun tinggal masuk atau login, jika belum maka klik tombol Daftar Akun, inilah gambarnya;

Langkah Kedelapan 8.

Setelah Anda klik navigasi tombol Daftar Akun, maka muncul halaman pengisian informasi data diri, dan isilah data diri anda sesuai data riwayat hidup anda dengan lengkap. Gambarnya seperti berikut ini;

Langkah Kesembilan 9.

Setelah data informasi anda di lengkapi selanjutnya gulir kebawah pilih metode pembayaran, dan pemilihan pembayaran anda bisa lakukan dengan sistem pembayaran ototmatis dan manual dari salah satu rekening bank yang tertera pada clienarea akun Niagahoster anda nantinya.

Jika sudah anda pilih salah satu jenis pembayaran otomatis atau manual maka selanjutnya anda klik tombol Checkout Sekarang, dan tunggu beberapa saat data sistem lagi proses otomatis dan langsung akan muncul halaman baru dan ikuti proses selanjutnya.

KETERANGAN:

Setelah anda klik Checkout Sekarang maka anda akan di alihkan ke halaman client member area dan tagihan pembayaran anda sudah tersedia tinggal anda membayar sesuai dengan harga domain yang anda order nantinya, dan setelah anda selesai melakukan pembayaran anda silahkan konfirmasikan terlebih dahulu ke admin niagahoster.

Atau konfirmasi lewat client member area agar domain orderan anda bisa di aktifkan, dan selebihnya ikuti panduannya pada website resmi Niagahoster agar anda tidak keliru dalam pendaftaran domain atau orderannya.

Hanya ini saja yang bisa saya sampaikan lewat artikel ini karena tutorial ini tidak sampai ke tahap akhir sebab mengambil data untuk bahan tutorial harus melalui proses pendaftaran yang real.

Semoga dapat Bermanfaat walaupun ada kekurangannya, selebihnya harap di maklumi.

You Might Also Like:

Oldest PostOldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar