Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Nice Blog Paling Banyak Pengunjung

Saat ini, ada beberapa niche blog paling banyak pengunjung yang masih diminati para pengguna internet. Jika Anda ingin mulai membangun sebuah blog baru, menentukan niche yang tepat adalah langkah awal yang sangat penting. Sebelumnya, apakah Anda tahu apa arti istilah “niche”?

Jika Anda ingin serius membuat blog dan memiliki harapan agar blog Anda dikunjungi banyak visitor, yang selanjutnya bisa menghasilkan banyak pundi-pundi rezeki, maka Anda harus memperhatikan hal ini.

Yang pertama, menentukan niche atau topik yang jelas untuk blog akan membantu Anda menemukan target pembaca yang spesifik.Misalnya, jika blog Anda berisi tentang gadget, maka Anda akan menarik orang-orang yang memang tertarik dengan gadget.

Begitu pula dengan topik kesehatan untuk orang yang aware dengan kesehatannya, atau topik kekinian untuk para milenial. Selain itu, menentukan niche dan tema yang spesifik bisa meningkatkan keterkaitan satu halaman dengan halaman yang lain di dalam blog Anda.

Hal ini ada berhubungan dengan strategi SEO (Search Engine Optimization) agar blog Anda mudah ditemukan oleh pengunjung. Link building blog akan semakin kuat dengan niche yang jelas, sehingga Anda memang harus konsisten dengan niche yang dipilih.

Nah, lalu apa saja sih, niche blog paling banyak pengunjung sekarang? Di bawah ini adalah niche-niche yang bisa jadi inspirasi Anda:

1. Pendidikan

Mulai dari pelajar tingkat SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa, pengguna niche pendidikan masih sangat tinggi, dan sepertinya akan terus demikian. Saat ini, akses internet hampir bisa dijangkau oleh semua orang, termasuk mereka yang membutuhkan jawaban untuk subjek atau mata pelajaran tertentu.

Namun jika memilih niche pendidikan, sebaiknya Anda mengerucutkannya lagi kepada tema yang lebih spesifik, mengingat niche pendidikan ini masihakan terlalu luas. Tentukan apakah blog Anda menyediakan informasi untuk pelajar tingkat SD, SMP, SMA, atau Universitas. Anda juga bisa mempersempitnya lagi menjadi bidang tertentu seperti biologi, sejarah, matematika, dan lain-lain.

2. Tutorial

Niche blog paling banyak pengunjung selanjutnya adalah tutorial how-to. Di era serba digital ini, banyak sekali orang yang memanfaatkan mesin pencarian atau googling untuk mengetahui cara melakukan sesuatu. Hal ini dianggap praktis dan cepat untuk dilakukan, dibanding harus membaca buku atau sumber lain. Inilah kesempatan yang bisa Anda ambil untuk membangun blog yang sukses.

Anda bisa memilih tutorial tertentu untuk dibahas di dalam blog agar pembahasan yang Anda sajikan bisa lebih mendalam. Misalnya, tutorial seputar memasak, tutorial crafting, tutorial game, tutorial make-up¸tutorial blogging, dan masih banyak lagi yang bisa Anda pilih. Akan lebih baik jika tutorial yang dipilih memang sudah Anda kuasai dan benar-benar berhasil untuk dilakukan.

3. Berita Trending

Saat ini, membaca berita sudah seperti kebutuhan sehari-hari masyarakat kita. Meskipun kebiasaan tersebut telah bergeser dari media cetak berupa koran atau majalah, orang-orang masih haus membaca berita yang kini bersumber dari platform online di gawai masing-masing. Untuk itu, ini masih akan terus menjadi niche blog paling banyak pengunjung.

Jenis berita yang bisa disajikan pun beragam, tergantung dari target pembaca yang Anda inginkan untuk mengunjungi blog Anda. Bisa berupa berita viral, berita tentang selebriti dan hiburan, berita politik, teknologi, atau berita-berita yang sedang hangat lainnya.Ada beberapa jenis orang yang memang menyukai sensasi, sehingga Anda pun bisa mengkreasikan model tulisan Anda untuk menarik pengunjung serupa.

4. Kesehatan

Niche kesehatan juga termasuk ke dalam niche blog paling banyak pengunjung karena banyak orang yanginginaware terhadap kesehatan mereka. Kemudahan akses internet terkadang membuat orang ingin mengetahui tentang penyakit tertentu, dan mencocok-cocokkan dengan gejala sakit yang mereka alami. Jika Anda ingin memilih niche ini, pastikan informasi kesehatan yang Anda bagikan valid. Tetap anjurkan target pembaca.

Anda untuk mengunjungi dokter atau pihak profesional agar tidak salah diagnosa. Selain itu, Anda bisa memilih niche yang lebih spesifik, seperti kesehatan khusus mata, kesehatan untuk anak, kesehatan mental, atau yang lain-lain. Anda juga bisa berbagi tips kesehatan secara umum seperti pola hidup sehat, tips diet yang aman, dan lain-lain.

5. Travel

Setiap orang pasti ingin mendapatkan pengalaman terbaik saatmengunjungi tempat tertentu untuk berlibur. Untuk itu, mesin pencarian di internet pasti akan dibanjiri orang-orang yang ingin mengetahui tentang informasi travelling, mulai dari transportasi hingga rekomendasi destinasi wisata beserta budgetting-nya.

Niche ini bisa Anda ambil jika Anda memiliki banyak pengetahuan tentang travelling. Mungkin Anda bisa memfokuskan blog untuk membahas destinasi-destinasi wisata di daerah tertentu, atau niche khusus untuk backpacker.

6. Bisnis Online

Niche blog paling banyak pengunjung berikutnya adalah tentang bisnis online. Zaman sekarang, banyak orang yang mulai menekuni usaha pribadinya, mengetahui bahwa akses internet bisa dijangkau orang secara luas dan banyak platform daring yang bisa mendukung bisnis-bisnis tersebut bergerak secara online.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan blog Anda untuk berbagi informasi mengenai tips dan trik berbisnis online. Atau bahkan, Anda bisa menggunakan blog sebagai media pemasaran bisnis itu sendiri. Usahakan blog Anda mencerminkan bisnis Anda dan memuat informasi tentang produk Anda,selengkap dan semenarik mungkin.

7. Review

Banyak orang yang perlu melakukan pertimbangan sebelum membeli suatu barang atau menggunakan jasa tertentu. Di sinilah, niche review akan menjadi niche blog paling banyak pengunjung lainnya. Review yang dibutuhkan bisa berupa review spesifikasi gadget, film dan buku, produk skincare, dan lain-lain.

Untuk bisa mengambil niche ini, Anda harus benar-benar sudah membeli barang atau menggunakan jasa tersebut. Perhatikan aspek-aspek review, seperti mencantumkan kelebihan dan kekurangannya (jika ada), serta usahakan untuk sejujur mungkin dalam memberikan penilaian.

Hal ini pentingagar pembaca blog Anda tidak merasa dibohongi dan bisa membuat keputusan yang terbaik sebelum membeli barang atau menggunakan jasa tertentu.

8. Kuliner

Niche kuliner bisa menargetkan dua macam pembaca, yakni mereka yang memang menekuni bidang kuliner secara profesional, dan mereka yang sekadar bingung menentukan untuk makan di mana.

Anda bisa menyajikan informasi berupa tips dan trik memasak dan meracik jenis kuliner tertentu, atau memberikan rekomendasi tempat-tempat makan yang enak. Food blogger, merupakan istilah dari seseorang yang mengambil niche ini untuk mereka.

Tentunya, ini akan menjadi niche blog paling banyak pengunjung dengan penggemarnya sendiri. Demikian tadi adalah niche blog paling banyak pengunjung beserta penjelasannya. Apapun niche-nya, sebaiknya Anda memilih yang sudah Anda kuasai dan senangi.

Jika itu memang passion Anda, maka konsistensi akan tinggal mengikuti saja, hingga tanpa terasa blog Anda sudah sangat berkembang. Pada akhirnya, menikmati prosesnya adalah kunci untuk menjadi blogger yang sukses. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba, wassalam...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar