Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Apa itu SSL dan Manfaatnya Untuk Blog

Pada era digital 4.0 ini telah terjadi perkembangan teknologi secara besar-besaran. Hal tersebut dilakukan agar website terlihat profesional hingga membuatnya bisa muncul pada page one mesin pencari seperti Google. Tidak heran jika banyak orang ingin mengetahui apa itu SSL dan manfaatnya untuk blog. Apa itu SSL dan Manfaatnya Untuk Blog? Simak Ulasannya;

Informasi Tentang SSL

Merupakan nama lain dari Secure Socket Layer yang berguna sebagai sertifikat keamanan data pada sebuah jaringan website. Ketika Anda mulai menerapkan sistem ini maka akan terjamin tidak akan bocor ke internet maupun pihak-pihak luar sehingga sistemnya sangat dianjurkan untuk dipakai. 

Informasi yang ada di dalam situs web akan secara otomatis terprogram dengan baik. Langkah ini sangat bagus sekali dilakukan mengingat di jaman sekarang banyak cara dilakukan agar data user bisa diakses oleh pihak maupun orang-orang tidak bertanggung jawab atau tak memiliki wewenang tertentu.

Dalam perkembangannya, SSL ini terdapat dua varian. Bisa dalam bentuk gratis atau versi berbayar. Jika memilih opsi yang premium tentu website Anda akan lebih aman oleh serangan hacker sehingga data konsumen maupun para visitor tidak akan mudah diambil dandijual bebas di black market. 

Sebetulnya Apa itu SSL dan Manfaatnya untuk Blog? 

Terdapat berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menerapkan sistem secure socket layer di website sendiri. Selain bisa melindungi web dari orang atau pihak yang berbahaya, juga dapat membuat tampilannya terlihat lebih menarik dan profesional. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Pengoptimalan SEO

Manfaat yang pertama adalah dapat membuat web masuk ke dalam algoritma Google sehingga keberadaanya sering kali muncul pada mesin pencari. Karena sebelumnya sudah memakai alat khusus yang seo friendly, maka alangkah baiknya juga menggunakan SSL (secure socket layer).

Dalam pemilihannya, saat ini banyak tersedia layanan yang menawarkan SSL gratis. Anda dapat memakainya untuk bisa mencapai target market dengan baik. Selain itu juga dapat membuat website mudah untuk diakses konsumen maupun para pengunjung.

2. Dapat Mengamankan Data User

Kemudian manfaat selanjutnya ialah SSL mampu melindungi data konsumen dengan sangat profesional. Karena cara kerjanya menjaga pentransferan website ke browsel lain maupun sebaliknya. Kemudian setelah itu akan dienskripsi dengan baik oleh sistem.

Jika Anda mengggunakan secure socket layer, maka data konsumen akan aman dan tidak mengalami beberapa gangguan tertentu. Sebab sistemnya tidak akan bisa dicak-acak dengan mudah oleh berbagai pihak yang tak mempunyai wewenang atau otoritas.

3. Membuat Kualitas Web Menjadi Bagus di Mata User

Selain melindungi data konsumen dengan baik, SSL juga memiliki segudang manfaat lainnya. Salah satunya adalah bisa meningkatkan trafik dari website. Karena saat pengunjung mengunjungi situs Anda maka akan muncul tulisan secure atau web tersebut aman untuk diakses.

Selain itu juga terdapat ciri-ciri yang lain yakni saat user mengaksesnya akan muncul warna hijau di bagian url web. Hal tersebut menandakan website dapat melindungi email, password, tanggal lahir, nomor handphone, nama lengkap maupun data penting lainyya ketika konsumen berkunjung ke situs milik Anda.

4. Meningkatkan Trust Issues Antar Konsumen 

Manfaat yang terakhir ini cocok sekali bagi Anda yang terjun ke dalam dunia e-commerce atau penjualan barang hingga jasa. Karena sudah pasti data dari semua konsumen akan terjamin keamanannya. Karena web yang memakai SSL tentu lebih nyaman ketika digunakan daripada dengan situs biasa.

Selain dapat menjalin kepercayaan konsumen dengan baik, juga dapat membuat tujuan Anda tercapai maksimal karena target marketnya tepat sasaran. Jika pembeli merasa aman saat mengakses web, biasanya suka mengunjunginya secara berulang-ulang untuk sekedar melakukan repeat oderan.

Beberapa SSL Terbaik yang Wajib untuk Anda Ketahui Saat ini

Selain dari segi pengertian dan manfaat, juga terdapat hal-hal lainnya misalnya secure socket layer yang aman bagi website. Di luar sana banyak sekali pilihan jenisnya sehingga membuat user tertarik menggunakannya maupun menerapkan sistemnya untuk keperluan blog dan masih banyak lagi lainnya.

1. SSL DV Certificate 

Merupakan kepanjangan dari Domain Validation. Sertifikat keamanan ini terkenal lebih murah dibandingkan dengan varian lainnya. Karena cara pengerjaannya pun cukup mudah hanya tinggal melalui cara seperti memvalidasi alamat email saja.

Ketika ingin menggunakan SSL jenis ini maka Anda harus melengkapi semua persyaratan yang telah ditentukan. Salah satunya adalah membuat domain dengan email yang sama agar website atau sistemnya aman dan mudah diakses oleh para pengguna atau calon konsumen.

2. SSL OV Certificate 

Kemudian selanjutnya adalah tipe Organization Validation. Yaitu jenis yang cukup sering digunakan atau dipakai oleh lembaga negara, organisasi, badan kepemilikan usaha hingga PT tertentu. Sertifikat keamanan ini juga harus memiliki domain khusus dan biasanya memakai versi terbaik hingga premium.

Cara pendaftarannya pun kurang lebih sama dengan jenis SSL domain validation. Hanya saja perlu menambah beberapa syarat khusus seperti surat atau dokumen yang legal dan sudah terbukti keasliannya, Tak hanya itu saja, biasanya juga terdapat cap dan logo bertuliskan nama lembaga hingga instansi tertentu,

3. SSL EV Certificate 

Merupakan jenis terakhir yang penggunaanya memiliki sertifikat keamanan tingkat tinggi. Biasanya diigunakan oleh pihak inteligen atau badan organisasi tertentu di pemerintahan. Extended Validation ini adalah versi SSL premium sehingga membuat tampilan dari sebuah web terlihat lebih profesional. 

Website yang menerapkan SSL Extended Validation biasanya muncul tulisan berwarna hijau di bagian atas atau urlnya. Hal ini menandakan bahwa situs web aman sekali untuk diakses dan tidak membuat berbagai data dari penggunanya bocor ke jaringan internet maupun ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,

Metode Memilih SSL yang Tepat untuk Blog Anda 

Setelah mengetahui berbagai jenis secure socket layer, langkah selanjutnya adalah Anda dapat memilih sertifikat keamanan terbaik agar website menjadi user friendly dan mudah diakses mulai dari perangkat mobile atau desktop seperti komputer. Selain juga harus bisa digunakan dimanapun dan kapanpun.

Versi SSL terbaik saat ini adalah jenis Extended Validation. Karena sistem keamananya susah ditembus oleh pihak-pihak luar yang ingin mencuri atau menyalahgunakan data pengguna. Tak hanya itu saja juga memiliki berbagai macam kelebihan seperti membuat tampilan web lebih secure, profesional dan berkelas.

Jika ingin memakai SSL yang gratis atau versi tidak berbayar, sebaiknya memilih tipe Organization Validation. Sebab persyaratannya cukup mudah dan hanya menunjukkan legalitas berupa dokumen tertentu. Jenis ini cocok digunakan bagi Anda yang bekerja di pemerintahan seperti kantor bupati. 

Apa itu SSL dan manfaatnya untuk blog adalah dapat mengamankan data user, meningkatkan pengoptimalan SEO dan trust issues antar konsumen, hingga membuat tampilan web menjadi bagus di mata user atau para konsumen. Nah itulah tadi ulasan tentang apa itu ssl dan manfaatnya untuk situs blog, semoga bermanfaat. wasallam...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar