Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Inilah Perbedaan Blogger Dan Wordpress

Pada saat membuat blog dapat dibuat melalui dua penyedia layanan situs web blog yaitu blogger atau wordpress. Meskipun sudah tahu tentang hal itu, tetapi masih banyak orang yang belum tahu fitur-fitur dan sekaligus apa perbedaan blogger dan wordpress dan jika diantara kalian yang kepingin membuat blog dan belum mengetahuinya simak ulasannya dalam artikel ini.

Maka dari itu dalam kesempatan kali ini saya akan membahas terkait hal tersebut yaitu perbedaan blogger dan wordpress untuk lebih detail sebagai berikut:

Perbedaan Blogger Dan Wordpress

1. Template

Hal dasar yang terlihat pada blogger blogspot dan wordpress yaitu template. Dalam blogspot template dapat diubah sesuka hati dan dapat diubah dengan sangat mudah tanpa kita harus memiliki keahlian khusus sebab blogger blogspot dilengkapi dengan eksistensi HTML, sedangkan templete dalam wordpress dapat kita ubah apabila kamu memiliki keahlian khusus dalam bidang PHP karena PHP ini bersifat paten.

2. Fitur yang ada

Fitur blogger blogspot yang tersedia sangat terbatas yaitu berkisaran antara script HTML, sedangkan fitur yang ada dalam wordpress sangat banyak. Fitur–fitur ini disediakan dalam bentuk plugin–plugin. Jika kamu ingin menambah fitur dalam wordpress, kamu tinggal dowload fitur dan menginstalnya.

3. Hosting dan domain

Dalam blogger blogspot hosting dan doamin disediakan secara gratis dan tidak terbatas. Namun ada juga yang berbayar. Dalam pembelian hosting blogspot tidak perlu membeli paket hosting dan domain. Sedangkan dalam wordpress, hosting dan domain yang disediakan secara gratis memiliki kapasitas yang sangat terbatas.

Apabila membeli hosting dalam wordpress maka kamu harus membeli paket hosting dan domain. Sehingga blogsport lebih unggul dalam biaya berdasarkan hal ini.

4. Kelebihan dan kelemahan

Blogspot sangat cocok digunakan oleh pemula karena pembuatannya gratis, memberikan full acces dan lebih mudah dikelolah dari wordpress yang pembuatannya gratis sebab untuk mendapatkan full acces harus membayar terlebih dahulu, pemasangan iklan diblogspot lebih mudah dari pada di wordpress sebab blogspot memiliki support untuk pemasangan iklan adsense,

Blogger tidak dapat mengimport postingan yang ada pada wordpress sedangkan wordpress dapat mengimpor postingan dari blogger.

Cara Membuat Blog denganWordpress

Blog merupakan salah satu media untuk mempublikasikan sebuah hasil tulisan. Bagi kebanya kan orang yang suka menuli spasti mengingin kan memiliki sebuah blog, karena setiap orang memiliki kebesan menulis di sana, baik menulis informasi, cerita fiksi, atau sekedar menulis cerita cerita pribadi.

Pembuatan blog pun tidak lah begitu sulit dan terdapat berbagai pilihan hosting yang bisa kita pilih seperti wordpress, bloger, tumblr dan lain sebagainya.

Namun terkadang kebanyakan orang pun masih bingung dalam pembuatan blog tersebut begitu juga dalam pemilihan hostingya, maka dari itu disini akan kami berikan sedikit informasi cara membuat blog, di pembahasan kali ini kami akan menggunakan wordpress sebagai hosting nya dan kami sarankan anda juga menggunakan jenis hosting yang satuini,

Karena wordpress saat ini merukan hosting yang memiliki fitur yang lebih komplit dan hosting ini juga merupakan yang terbesar saat ini, sehinga memungkinkan lebih mudah untuk terindex dalam mesin pencari. Berikut cara membuat Blog dengan Wordpress;

1. Kunjungi situs web wordpress

Pertama anda harus buka website dari wordpress yaitu id.wordpress.com. lalu pada menu produk pilih blog, selanjut nya anda akan diarahkan pada laman pembuatan blog, selanjut nya klik “mulai blog anda”

2. Pendaftran blog

Setelah anda memulai pembuatan blog selanjut nya anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada untuk mengisi beberpa regrestrasi pembuatan blog yang diperlu kan hingga pada menu terakhir yaitu anda harus Tentukan judul, domain atau sub domain dan tema yang hendak digunakan pada blog anda.

3. Posting konten blog anda

Pada proses sebelum nya sebenarnya blog anda sudah jadi namun masih dalam keadaan kosong sehingga langkah selanjutnya adalah dengan posting konten atau tulisan apa yang hendak anda buat sesuai tujuan awalan di buat blog tersebut.

Jadi, sebenarnya blogger blogspot dan wordpress itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing–masing. Jadi kamu akan membuat blogger blogsport atau pun wordpress itu tergantung dengan pilihan hatimu tertarik yang mana.

Nah.. inilah perbedaan blogger dan wordpress juga cara membuat blog melalui werdpress, untuk pembuatan blog ini tidaklah sulit karna begitu anda mengunjungi laman worpress dan memilih menu pembuatan blog selanjut nya anda tinggal mengikuti langkah yang ada,

Hampir sama seperti ketika anda membuat akun media social. atau lebih jelas bisa konsultasi pada ahlinya Sekian dari terimakasih. Dan terimakasih juga sudah berkunjung. Salam blogger dan semoga sehat sehat selalu...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar