Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Domain TLD

Jika anda merupakan seorang blogger, maka pasti sudah tidak asing lagi bagi anda tentang Top Level Domain (TLD). Banyak jenis TLD yang tersedia sehingga terkadang akan membuat anda bingung saat akan melakukan migrasi sub domain menjadi domain TLD.

Mengingat bahwa setiap jenis domain TLD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun demikian, masih ada juga yang belum mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan domain TLD, maka dari itu dalam artikel ini saya akan memberikan informasi terkait hal tersebut.

Kelebihan menggunakan domain TLD, yaitu:

1.

Dengan menggunakan domain TLD maka alamat blog dapat menjadi lebih singkat sehingga dapat mudah diingat oleh pengunjung blog anda.

2.

Dengan mengganti sub domain Blog anda menjadi domain TLD, maka blog anda akan semakin terlihat profesional. Tentu saja jika blog anda profesional akan banyak pengunjung yang berkunjunjung pada blog anda.

3.

Apabila anda sudah tidak punya waktu mengelola blog atau sudah bosan ngeblog maka anda dapat menjual blog anda. Nah, jika anda sudah menggunakan domain TLD maka harga jual blog bisa berkali-kali lipat dari blog dengan domain bawaan blog yang standart.

4.

Saat menggunakan domain bawaan blog atau sub domain, mungkin sub domain tersebut kurang bagus sehingga membuat anda malas untuk update di blog anda. Setelah anda menggunakan domain TLD anda bisa mendapat kepuasan tersendiri dan hal itu dapat memotivasi anda untuk rajin update.

Kekurangan menggunakan domain TLD, yaitu:

1. Harga sewa tahunan mahal. Domain bisa di sewa dalam jangka waktu yang lama dan harga sewa tahunan untuk domain TLD cukup mahal apalagi jika menyewa paket domain dan hostingnya.

2. Sulit memdaftarkan alamat blog dengan domain yang diinginkan sebab domain TLD bersifat global.

3. Rank blog akan hilang. Jika kamu mengubah subdomain menjadi domain TLD maka rank blog anda akan hilang dan akan pulih kembali dengan waktu yang cukup lama.

Tips Memilih Domain Blog Lebih SEO

Nama sebuah domain merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah situs Web maupun Blog. Nama domain dapat mem pengaruhi mudah tidak nya blog sebuah blog terindex oleh mesin pencari, untuk itu sebaik nya anda harus cermat dalam menentukan nama sebuah domain blog maupun web anda agar lebih optimal dalam pencarian (SEO).

Untuk itu anda perlu mempertimbangkan beberapa tips dari kami berikut untuk mengoptimalakan domain we anda agar lebih SEO, dan berikut tipsnya:

1. Sesuakan Domain dengan tipikal blog anda. 

Ketika anda membuat sebuah blog sebaikn ya anda pikir secara matang dahulu arah tujuan pembahasan dalam blog anda sehingga selanjut nya anda tinggal membuat nama domain pada blog anda yang dapat mewakili dari tema dalam blog anda tersebut.Buatlah domain yang berkaitan dengan keyword anda.

2. Buat domain yang unik dan mudah di pahami. 

Buat saja nama domain yang unik untuk menarik perhatian, selain agar mudah juga membuat orang lain atau para pembaca blog lebih mudah mengingat web anda.dan buatlah nama domain yang sekiranya mudah untuk di ketik juga hindari penulisan dengan tulisan alay karna akan bikin kesal pembaca sendiri jika penulisan domain sendiri sudah sulit.

3. Gunakan extension domain yang sesuai dengan tema blog. 

Seperti kita ketahui extension domain berfariatifs eperti .com, .net, .biz, .info, .tv, .org, .edu, dan masih banyak lainya, dalam penggunaan extension ini sebaiknya anda pilih dengan sesuai arah pembahasan dalam blog anda, seperti misalnya anda menggunakan .edudimana sebaik nya anda menggunakan blog anda dengan membahas prihal pendidikan, begitu juga dengan jenis lainya.

4. Gunakan domain sesuai target pembaca. 

Hal ini biasanya digunakan oleh para pemngusaha atau pembisnis yang dimana semisalnya dengan memasukan nama kota dengan tujuan target adalah consumen di kota tersebut, namun hal ini juga bisa anda praktekan dengan memasuknkan siapa target pembaca kalian.

Dan itulah tips memilih domain blog agar lebih seo, semoga artikel ini bermanfaat. Selesai sudah pembahasan kita kali ini. Semoga saja informasi ini berguna bagi kalian yang masih belum memahami dalam menentukan domain apa yang paling cocok bagi blog anda dan terimakasih sudah berkunjung.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar