Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Cara Menurunkan Bounce Rate di Wordpress yang Mudah

Ada banyak alasan mengapa seseorang hanya berkunjung sesaat di website Anda. Salah satunya yakni situs loadingnya lama. Selain itu, huruf pada artikel sangat kecil sehingga pembaca merasa malas lalu keluar web. Untuk mengantisipasinya diperlukan cara menurunkan bounce rate di Wordpress.

Beberapa Cara Menurunkan Bounce Rate di Wordpress

Tampilan website yang terlalu ramai dapat menjadi alasan pembaca keluar situs dalam waktu pendek. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pemilik web harus mengetahui cara untuk mengurangi bounce rate pada situs. Penasaran? Inilah beberapa tips jitunya:

1. Mengurangi Iklan

Ada beberapa cara agar bounce bisa berkurang, salah satunya ialah mengurangi banyaknya iklan. Jika adverstisement dikurangi, pembaca tidak akan merasa terganggu sehingga betah berlama-lama di website kesayangan Anda.

Blog dengan tampilan seperti ladang iklan sangatlah tidak sehat. Pengunjung akan merasa gerah hingga akhirnya beralih ke website lainnya. Namun, bukan berarti pengguna menghapusnya semua. Pilihlah iklan terbaik dan tempatkan di tempat yang tidak mengganggu pembaca saat berkunjung ke web Anda.

2. Perbaiki Tampilan Web

Sebaiknya, gunakan tampilan minimalis yang rapi. Desain suatu website menjadi tolak ukur seberapa lama seseorang mengaksesnya. Jika penampilan situs berantakan, bisa dipastikan mereka akan membaca halaman pertama artikel Anda.

Tampilan layout harus dibuat rapi agar pembaca nyaman dan bisa beralih ke halaman lainnya. Desain berkualitas serta kerapian template web sangat mempengaruhi minat baca pengunjung. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menerapkan tips ini sehingga bounce rate Anda turun.

3. Meningkatkan Kualitas Konten

Ada lagi tips jitu menurunkan bounce rate yakni meningkat kualitas artikel. Bisa jadi, alasan seseorang hengkang dari website karena isinya tidak berbobot. Ini adalah masalah yang serius. Untuk mengatasinya, Anda dapat berlatih menciptakan konten berkualitas. Salah satunya yakni menerapkan teknik SEO saat menulis artikel.

Selain itu, pelajari tata bahasa secara baik dan benar. Pengguna pun bisa menambahkan gambar atau foto dalam setiap konten yang diupload. Dengan begitu, pengunjung akan penasaran dan selalu berkunjung tiap hari ke situs Anda.

4. Buat Desain yang Ramah untuk Android

Ada lagi trik mudah untuk menurunkan bounce rate yakni membuat desain minimalis. Terkadang, para pemula terlalu bersemangat memperindah tampilan website sehingga tidak memperhatikan hal penting lainnya seperti mengganggu atau tidaknya wana background. Memang, desain bagus dibutuhkan oleh setiap situs.

Namun, pemilik web pun harus menyesuaikannya dengan tampilan jika diakses via hp. Terkadang, desain web yang ramai sangat susah dibuka melalui android. Untuk menghindarinya, pilih design minimalis. Selain itu, jangan gunakan background terlalu mencolok mata.

5. Mempercepat Durasi Loading

Salah satu cara menurunkan bounce rate di Wordpressialah mempercepat loading website. Web yang sulit diakses membuat pengunjung malas untuk mengunjunginya kembali. Bahkan, tidak jarang pembaca meninggalkan web tersebut sebelum membaca tuntas hingga akhir.

Lalu, apa solusi terbaiknya? Untuk meminimalisir loading tersebut, pengguna dapatmenggunakan plugin SEO terbaik untuk mempercepat speed web yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar bounce rate bisa menurun secara signifikan. Apabila menerapkan tips itu dengan baik, dijamin web akan makin disukai pembaca.

6. Menambahkan Widget

Website Anda sepi pengunjung dan bounce rate-nya tinggi? Mungkin Anda perlu menerapkan tips lainnya yaitu menambahkan widget.Adanya fitur ini dapat memudahkan pengunjung sehingga berpotensi jadi pengikut setia blog.

Pemilik situs bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Beberapa widget berguna yang bisa dipasangkan di halaman pertama web yakni kolom komentar, popular post dan recent post. Pemilihannya dapat disesuaikan menurut tema web. Dengan kehadiran fitur lengkap, diharapkan pengunjung akan nyaman hingga akhirnya berlama-lama saat membaca.

7. Memberikan Inbound Link

Selain menambahkan widget pada halaman web, pemilik website pun dapat memberikan inbound link. Penerapan tips tersebut tidak sesulit bayangan Anda. Pengguna hanya perlu menyambungkan tautan di halaman satu dengan lainnya.Ini akan memancing pembaca membaca topik lain yang senada.

Selain memberikan inbound link pada konten, terapkan pula one new tab agar pengunjung tidak harus kembali ke halaman sebelumnya. Dengan demikian, pembaca bisa asyik leluasa membaca artikel milik Anda. Jika ini berjalan lancar, lambat laun bounce rate pun akan berkurang.

8. Menambah Konten

Salah satu tips agar bounce rate bisa turun yakni mengisi konten pada situs lebih banyak. Terkadang, pengunjung tidak berlama-lama di sebuah website karena sedikitnya artikel yang diterbitkan. Kasus ini umumnya ditemukan pada web baru. Jika ingin menurunkan tingkat pantulan itu, lakukan tips ini.

Saat menambah artikel, usahakan membuat konten menarik yang senada. Penggunadapat menciptakan bacaan bertemakan satu hal, misal pariwisata atau teknologi. Adanya fokus penulisan tersebut agar pengunjung dengan passion khusus bisa berlangganan. Tips ini sangat penting untuk Anda terapkan.

9. Berikan Kolom Pencarian

Ada lagi salah satu tips mudah menurunkan rate yaitu menyematkan fitu kolom pencarian di bagian halaman pertama. Adanya Search ini memudahkan banyak orang terutama bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengakses web itu.

Adanya kemudahan ini bisa menjadikan pembaca nyaman. Jika pembaca merasa nyaman, otomatis akan sering berkunjung dan bounce rate pun secara otomatis berkurang. Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik, terapkan penempatan Search di bagian kanan atas atau tempat yang mudah ditemukan oleh para pengunjung website.

10. Merespon Komentar

Anda merasa kualitas konten sudah cukup baik, namun bonce rate sangat tinggi? Anda perlu mengecek bagisn komentar. Jangan-jangan selama ini pengguna sering mengabaikan komentar maupun pertanyaan dari netizen.

Penulis yang baik tidak mampu menulis, namun memiliki sikap baik. Sering-seringlah lakukan pengecekan pada kolom komentar. Siapa tahu ada pembaca yang bertanya dan sangat membutuhkan jawaban. Meskipun ini terdengar sepele, namun hal kecil ini bisa membuat seorang pengunjung random menjadi pengunjung setia.

Trick Mudah Menurunkan Bounce Rate

Tingginya bounce rate ini berbanding terbalik dengan rating suatu web sebab website berkualitas umumnya memiliki tingkat pentalan yang rendah. Jika dibiarkan tinggi, jumlah pengunjung web pun terancam menurun secara signifikan.

Sedikit banyak akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Apabila bounce rate Anda tinggi, jangan kahwatir karena semua ada solusinya. Berbagai tips bisa dilakukan untuk menguranginya.

Pengguna boleh memilih cara apa yang sekiranya mudah untuk dilakukan.Bahkan, Anda pun dapat melakukan seluruh tips jika memang belum dipraktekkan. Meskipun terdengar ribet, namun hasilnya akan mencengangkan jika pengguna melakukannya dengan teratur.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya terapkan tips di atas kemudianlihat progresnya secara berkala. Nah, itulah beberapa cara menurunkan bonce rate di Wordpress. Cukup mudah, bukan?

Kini Anda dapat menerapkan tips di atas agar performa website lebih baik sehingga bisa masuk ke halaman pertama dalam mesin pencarian. semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan terimakasih sudah membaca wassalam...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar