Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Cara Membuat Link Custom Whatsapp Untuk Online Shop

Kita seringkali melihat pada halaman pengguna sosial media online shop dan banyak sekali link yang dipajang. Nah, link-link tersebut biasanya menuju situs atau blog dan juga mengarahkan kita ke layanan jangkauan via chat otomatis. Jika konten yang dimuat oleh link tersebut unik dan memberi manfaat apa salahnya jika membuat linknya untuk memudahkan pelayanan online pada castomer.

Sebagian pengguna media sosial terkadang masih bingung untuk membuat online shop yang sedang di kelolanya menjadi lebih unik atau lebih menarik dan memudahkan lagi berintergrasi dengan para pelanggan atau peminat dari produk-produk yang sedang di tawarkan lewat akun sosial media milik mereka.

Jadi dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial membuat link custom whatsapp yang sangat populer digunakan oleh online shop maupun pengguna media sosial yang lainnya. Agar kontak whatsapp nya lebih keren dari biasanya hanya menampilkan angka atau nomor kontak handphone saja di akunnya maka dalam artikel ini untuk membuat link custom nya lebih profesional lagi.

Untuk membuat links custom whatsapp, alternatif yang bisa anda gunakan diantaranya ada situs web yang menyediakan layanan shortener links yaitu bitly. Bagaimanakah cara membuat custom links nomor whatsapp? caranya sangat mudah dan simple. Lebih jelasnya anda simak langkah-langkah nya di bawah berikut ini:

Cara Membuat Links Custom Whatsapp:

1. Terlebih dahulu tentunya anda persiapkan dan gunakan nomor handphone(HP) yang sudah terdaftar pada akun whatsapp dan ingin di buatkan links custom

2. Cari dan gunakan searching google untuk menemukan kode script url api whatsapp atau anda bisa menggunakan tautan klik untuk chat seperti berikut:


https://wa.me/6285223456790?text=Saya%20Berminat%20untuk%20Order%20Produk%20Jualan Anda...

atau dengan kode url seperti yang satu ini berikut kodenya:


https://api.whatsapp.com/send?phone=6285223456790&text=Salam%20Apakah%20Masih%20Ada%20Stock%20Barangnya ya Admin...

Keterangan;

Ganti angka yang ada pada kode url atau link yang sudah di beri tanda berwarna merah mulai dari angka 8 sampai angka 0 dengan nomor whatsapp milik anda dan untuk text nya ganti dan rubah sesuai dengan apa yang anda inginkan,bila anda ingin menambahkan text jangan lupa sisipkan %20 sebagai jarak dari kalimat (spasi) pada text nya.

Untuk lebih jelas mengenai cara penerapan kode url dan link klik chat silahkan kunjungi halaman situs web resminya karena sumber dari kode tersebut berasal dari faq whatsapp. Dan kode yang ada di dalam artikel ini sudah admin ubah suai atau saya modifikasi. Jika sudah lengkap semua yang di maksud dari point nomor satu dan nomor dua di atas maka menuju kelangkah selanjutnya.

3. Silahkan salin kode link chat yang tertera diatas sesuai dengan keterangan nya, kemudian pergi ke alamat website bitly.com lalu anda mendaftar terlebih dahulu. Demikian cara daftar seperti dalam gambar di bawah berikut ini;

Cara Membuat Link Custom Bitly

Jika sudah tampil halaman depan website bitly seperti pada gambar diatas maka mulailah daftar dan arahkan kursor nya ke navigasi menu pendaftaran atau klik Sign Up dan akan di arahkan kehalaman baru, berikut gambarnya;

Bila sudah berhasil mendaftar akun bitlynya dan sudah login atau masuk ke dasbor akun bitly anda, berikut adalah tampilan halaman dasbor bitly dot com.

Selanjutnya diklik navigasi tombol CREATE YOUR FIRST LINK maka akan muncul tab halaman jendela baru disebelah kanan layar seperti gambar screen shoot dibawah ini;

Kemudian anda tinggal tempel kan kode script url atau link chat yang sudah anda salin diatas,setelah anda tempel link chat whatsapp maka akan otomatis mencovert linknya menjadi link bitly yang lebih pendek dari link chat whatsapp tadi, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar lagi di bawah;

Pada tahap ini link chat yang anda buat sudah selesai anda tinggal menyalin link atau url pendek yang anda buat tadi,dan link pendek tersebut bisa anda gunakan ke media sosial anda sesuai dengan kebutuhan anda, berikut gambar contohnya;

Catatan: Namun jika url atau link pendek yang sudah anda buat masih belum anda sukai maka anda bisa mengedit urlnya lagi agar lebih unik dan menarik atau lebih profesional lagi dengan cara mengubah url pendek dari bitly berikut cara mengubahnya;

langkah pertama untuk mengubah url pendek bitly yaitu masuk kembali ke dasbor akun bitly lalu anda cari tulisan edit setelah anda temukan langsung saja anda klik tulisan menu edit tersebut maka akan di arahkan ke tab jendela baru dilayar dasbor.

Pada bagian arah samping kanan, dan anda bisa mengedit linknya sesuai keinginan anda pada form dikolom yang ada tuliusan CUSTOMIZE BACK-HALF atau di bawah title nama judul link bitlynya, seperti gambar di bawah ini:

Nah sekarang links custom nya selesai dan berhasil maka salin lagi links custom anda yang sudah anda buat kemudian buka akun media sosial online shopnya dan tempelkan pada halaman profilnya sesuai yang anda inginkan.

Demikian informasi cara membuat links custom whatsapp untuk online shop semoga dapat bermanfaat untuk semuanya. Sekian sudah tutorial nya walaupun berantakan namun baca dan pahami yang penting-penting saja maklum lah hanya manusia biasa tidak luput dari kesilapan dalam berimajinasi. sampai jumpa salam blogger. Wassalam...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar