Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Cara Mudah Membuat Widget Komentar Di Sidebar Blog

Pengguna blog yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging pastinya sudah tidak asing lagi dengan widget yang satu ini, seperti apakah widget yang saya maksud? Yaitu widget komentar, fungsi dari widget ini adalah menampilkan komentar terbaru dari pembaca blog yang sedang mengomentari postingan artikel pada situs blog dan keunggulannya bisa di tampilkan pada widget sidebar blog.

Walaupun demikian, masih banyak yang belum tahu bagaimana caranya agar bisa menampilkanya ke sidebar blognya, bagi yang belum tau cara pasang nya maka dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa cara agar blog anda mempunyai widget komentar terbaru, Caranya sangat mudah hanya menambahkan kode HTML Javascript pada template blog. Berikut cara memasang kode widgetnya:

Cara Membuat Widget Komentar Pada Sidebar Blog

1. Masuk ke akun Blogger

2. Pilih menu Tema

3. Lalu Klik Edit HTML

4. Cari kode </head> untuk memudahkan nya tekan CTRL F Bersamaan

5. Lalu salin dan tempelkan kode HTML Java script dibawah tepat diatas kode </head>


<script type='text/javascript'> //<![CDATA[  function showrecentcomments(json){for(var i=0;i<a_rc;i++){var b_rc=json.feed.entry[i];var c_rc;if(i==json.feed.entry.length)break;for(var k=0;k<b_rc.link.length;k++){if(b_rc.link[k].rel=='alternate'){c_rc=b_rc.link[k].href;break;}}c_rc=c_rc.replace("#","#comment-");var d_rc=c_rc.split("#");d_rc=d_rc[0];var e_rc=d_rc.split("/");e_rc=e_rc[5];e_rc=e_rc.split(".html");e_rc=e_rc[0];var f_rc=e_rc.replace(/-/g," ");f_rc=f_rc.link(d_rc);var g_rc=b_rc.published.$t;var h_rc=g_rc.substring(0,4);var i_rc=g_rc.substring(5,7);var j_rc=g_rc.substring(8,10);var k_rc=new Array();k_rc[1]="Jan";k_rc[2]="Feb";k_rc[3]="Mar";k_rc[4]="Apr";k_rc[5]="May";k_rc[6]="Jun";k_rc[7]="Jul";k_rc[8]="Aug";k_rc[9]="Sep";k_rc[10]="Oct";k_rc[11]="Nov";k_rc[12]="Dec";if("content" in b_rc){var l_rc=b_rc.content.$t;}else if("summary" in b_rc){var l_rc=b_rc.summary.$t;}else var l_rc="";var re=/<\S[^>]*>/g;l_rc=l_rc.replace(re,"");if(m_rc==true)document.write('On '+k_rc[parseInt(i_rc,10)]+' '+j_rc+' ');document.write('<a href="'+c_rc+'">'+b_rc.author[0].name.$t+'</a> commented');if(n_rc==true)document.write(' on '+f_rc);document.write(': ');if(l_rc.length<o_rc){document.write('<i>&#8220;');document.write(l_rc);document.write('&#8221;</i><br/><br/>');}else{document.write('<i>&#8220;');l_rc=l_rc.substring(0,o_rc);var p_rc=l_rc.lastIndexOf(" ");l_rc=l_rc.substring(0,p_rc);document.write(l_rc+'&hellip;&#8221;</i>');document.write('<br/><br/>');}}}  //]]> </script>

Berikut ini adalah contoh gambar penerapan kedalam template blog melalui pengeditan Edit HTML:

6. Lalu simpan Tema dan agar bisa tampil widget komentar terbaru ke sidebar blog blogger Anda, langkah selanjutnya adalah pergi ke "Tata Letak " halaman blog Anda lalu "tambahkan gadget " pada bagian sidebar atau yang lain di mana Anda ingin munculkan widget komentar terbaru.

7. Pilih "HTML/JavaScript " pada widget

8. Dan salin kode di bawah ini ke dalam "HTML/JavaScript " widgetnya.


<script>var a_rc = 5; var m_rc = false; var n_rc = true; var o_rc = 100;</script> <script src="https://www.riyanlaiyan.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>

Dan gambar dibawah adalah langkah penerapannya untuk memunculkan widget tersebut dengan tambahkan gadget;

Catatan:

Ganti url atau link blog yang diberi tanda warna merah dengan url blog milik anda dan anda juga dapat mengubah angka 5 berapa banyak komentar yang harus tampilkan dalam widget komentar terbaru atau sesuaikan setelannya sesuai yang anda inginkan.

9. Langkah terakhir simpan dan muat ulang situsblog Anda. dan lihat apakah widget Komentar terbaru ini bisa berfungsi pada situsblog anda.

Sahabat blogger kode diatas bukan hasil karya dari saya, saya hanya membagikan kesahabat semua siapa tau ada diantara kalian yang membutuhkan widget komentar tersebut, bila kodenya tidak berfungsi mungkin tidak cocok dengan template blog anda.

Demikian sudah informasi singkat cara membua widget komentar di sidebar blog, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya. Jika tidak berhasil silahkan sampaikan dikolom komentar di bawah ya. Nanti bisa di bantu sampai bisa. Terimakasih banyak sudah berkunjung Wassalam...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar