Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Inilah Beberapa Jenis Olahraga Untuk Lansia

Memasuki umur yang tidak muda lagi aktivitas fisik seseorang harus tetap dijaga dengan baik dan sesuai porsinya. Lansia sebaiknya tetap mentradisikan olahraga untuk mempertahankan kebugaran tubuh dengan berolahraga, tubuh akan menjadi sehat dan segar. Ada beberapa jenis olahraga untuk lansia yang cocok dan rekomended.

Aktivitas olahraga secara rutin bagi lansia akan mengurangi hal-hal yang dapat memicu timbulnya penyakit. Beberapa jenis ini dirasa penting dilakukan.

selain menjaga kesehatan juga sebagai salah satu cara atau usaha untuk mensyukuri nikmat hidup yang diberikan Tuhan. Seperti penjelasan berikut di bawah ini:

Beberapa Jenis Olahraga Untuk Lansia

1. Olahraga Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga berfungsi merenggakan dan melenturkan otot-otot pada tubuh agar menjadi lebih kuat lagi, olahraga ini jika dilakukan lansia tidak memerlukan gerakan dan energi yang banyak namun bisa dengan cara perlahan.

Manfaat lain yang bisa didapatkan lansia dari olahraga yoga ini adalah bisa menstabilkan denyut nadi, mengurangi kecemasan, depresi dan menurunkan tekanan darah tinggi, selain itu juga bisa dilakukan untuk segala usia.

2. Olahraga Berjalan Kaki

Berjalan adalah salah satu olahraga yang ringan dan bisa dilakukan sehari-hari. Olahragaini sangat cocok untuk lansia usia lanjut yang tidak memiliki banyak tenaga. Selain mudah dilakukan, berjalan bisa menjadi aktivitas dan jenis aman dan mudah untuk dilakukan.

Meskipun mudah, berjalan juga banyak memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa diantaranya dapat memperkuat otot-otot terutama kaki, mencegah penyakit tulang pada seseorang usia lanjut, meningkatkan stamina dan melatih ketahanan tubuh.

3. Olahraga Menari

Menari bagi lansia juga dapat menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan. Tidak hanya menyehatkan, juga merupakan aktivitas untuk menggerakan tubuh dan kemudian dapat memicu otot lebih rileks dan tidak stres.

Manfaat dari olahraga untuk lansia ini adalah dapat melenturkan otot-otot, meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati dan menjaga kesseimbangan tubuh selain itu menari adalah aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan.

4. Olahraga Senam

Jenis olahraga untuk lansia lainnya dapat dilakukan dengan senam. Senam bisa dilakukan untuk semua umur, baik anak-anak, orang dewasa ataupun lansia. Gerakannya pun beragam, ada yang cepat, slow motiondan dinamis. Gerakan ini biasanya akan disesuaikan dengan kategori usia.

Senam jantung lebih disarankan untuk lansia,sebab gerakannya yang ringan dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Tujuannya yakni,supaya dapat lebih menstabilkan denyut jantung.

5. Melakukan Gerakan-Gerakan Pemanasan

Pemanasan kegiatan yang wajib dilakukan sebelum melakukan berbagai olahraga. Gerakan-gerakan ini ternyata juga bisa dan covok dilakukan para lansia. Selain gerakan yang sederhana, pemanasan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Beberapa manfaatnya dapat membantu perenggangan seluruh otot-otot tubuh baik bagian bawah, tengah atau atas. Selain itu, juga dapat melenturkan persendian agar terhindar dari sakit kram. Di sisi lain, dapat melegakan otot persendian.

6. Olahraga berenang

Tidak semua lansia dapat melakukan olahraga ini berenang ini, tetapi ada beberapa diantaranya, justru masih menyukai dan rutin melakukannya. Berenang aman dilakukan bagi mereka yang sudah mahir dan tidak takut tenggelam.

Manfaat dari berenang ini dapat melatih pernapasan dan mengaturnya dengan baik, sehingga terhindar dari resiko penyakit asma. Olahraga ini juga sangat dianjurkan bagi yang ingin melatih kekuatan otot paru-paru dan jantung.

Nah...itulah beberapa jenis olahraga untuk lansia, meskipun ringan dilakukan harus tetap berhati-hati saat melakukannya dan selalu konsultasikan kepada dokter. Selalu memanfaatkan dan sempatkan waktu untuk menjalankannya serta melestarikan pola hidup sehat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar