Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Cara Riset Keyword Paling Mudah

Sekarang banyak orang mengetikkan “cara riset keyword”pada halaman pencaharian demi mendapatkan cara jitu. Hal itu dikarenakan pemilihan kata kunci yang tepat dapat memberikan efek positif situs sehinggaberpotensi berada di peringkat pertama.

Cara Mudah Riset Keyword

Riset kata kunci memang terkadang tidak bisa dilakukan dalam sekali jalan. Penulis artikel perlu melakukan penelitian secara mendalam. Anda pun dapat memanfaatkan produk Google Keyword Planner.

Ini merupakan cara praktis karena tools itu memberikan pengetahuan lebih tentang trafik. Usai memasukkan kata kunci, ia akan secara otomatis memberikan informasi terkait terkait terbaik yang bisa digunakan. Anda pun dapat melihat trafik sehingga pemilihan keyword pun terasa lebih mudah.

Adanya Google Keyword Planner ini sangat memudahkan para pemula. Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan Google Trends. Alat ini akan dengan otomatis memberikan informasi mengenai kata kunci yang sedang hits. Bahkan, terlihat secara rinci tentang lokasi maupun jenis produk kebutuhan masyarakat.

Keberadaan Google Trends ini merupakan solusi terkini para pencari keyword. Selain hasilnya akurat, Anda pun tidak perlu begadang hingga larut malam demi mendapatkan ilham mengenai kata kunci yang sedang diminati oleh netizen, khususnya masyarakat lokal.

Beberapa Cara Riset Keyword Terbaik

Ada beberapa cara untuk mendapat kata kunci. Penggunaan keyword berkualitas akan mendatangkan peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan. Hal ini bisa terjadi sebab Google menganggap bawah situs Anda bermutu baik. Lantas bagaimana caranya?

1. Cek Total Pencarian

Ada cara terbaik untuk mendapatkan kata kunci yakni dengan melakukan pengecakan volumenya. Anda bisa menggunakan tools terpecaya untuk mendapatkan hasil yang akurat serta mampu menaikkan trafik web kesayangan. Saat mengetikkan keyword, perhatikan dengan seksama dan pilih kata terbaik.

Dibandingkan memilih kata kunci A dengan volume 1000, akan lebih baik memilih istilah lain yang mirip namun memiliki total pencarian lebih banyak. Hal itu dikarenakan semakin besar volumenya, makin diminati pula oleh masyarakat.

2. Suggestion Keyword

Salah satu cara lain mendapatkan kata kunci berkualitas yakni melakukan riset sendiri. Jika memakaicara ini seseorang tidak memerlukan tools sama sekali. Anda hanya perlu mengetikkan satu keyword, sebelum diklik enter, secara otomatis pihak Google akan memberikan saran-saran. Saran-saran inilah yang dapat dijadikan pilihan.

Umumnya, pilihan suggestion kewyword tersebut bisa diperoleh setiap seseorang melakukan pencarian via Google. Apabila ingin mendapatkan kata kunci tanpa ribet, caraini dapat menjadi pilihan terbaik.

3. Brainstorming

Ada lagi cara yang bisa dilakukan oleh Anda para content creator yakni brainstorming. Metode ini dilakukan dengan mengandalkan otak. Sebelum menuliskan beberapa pilihan, ada baiknya pengguna memposisikan diri sebagai konsumen atau pembaca blog. Kemudian, pikirkan hal apa yang ingin diketahui konsumen akan suatu produk. Selanjutnya,

Anda tinggal mengetikkan hasil pikiran di kertas atau Microsoft word. Sebagai contoh, jika ingin menulis tentang kecantikan, Anda bisa menuliskan bagaimana cara menghilangkan jerawat atau obat jerawat paling ampuh.

4. Memakai Long Tail Keyword

Cara ini sangat baik dicoba untuk para pemula yang ingin terjun menulis artikel SEO. Menggunakan long tail keyword lebih mudah dibandingkan dengan short tail karena Anda tidak perlu berpikir keras. Ia pun mempunyai keunggulan lebih yaitu lebih cepat naik ranking.

Sebagai contoh, jika ingin menulis tentang oleh-oleh Jogja, pengguna bisa menuliskan kata kunci “oleh-oleh terbaik di Jogja.” Model keyword ini relatif banyak digunakan daripada kata-kata yang cenderung pendek. Itulah kenapa banyak ahli SEO merekomendasikannya.

6. Mengetahui Keyword Abadi

Ada lagi salah satu cara keren untuk mendapatkan keyword terbaik dan bebrobot yakni mengetahui kata kunci abadi. Ia dinamankan seperti itu karenakerap dicari sehingga bisa bertahan lama. Ciri kata tersebut ialah ia akan selalu dibutuhkan oleh orang banyak.

Sebagai contoh, Anda dapat menuliskan tentang resep membuat nasi goreng. Makanan ini sangat terkenal sehingga kemungkinan dicari pun semakin besar. Jika ingin membuat artikel bertemakan kesehatan, penulis bisa menulis tentang sakit-sakit yang biasa diderita orang baik itu ringan atau berat.

7. Menggunakan Tools

Kini Anda pun diizinkan menggunakan bantuan tools yang banyak tersedia di dunia maya. Sebelum melakukan pengecekan, pastikan koneksi internet sangat baik sehingga dapatmendapatkan hasil cepat. Anda bisa menggunakan alat pengecekan gratis.

Caranya sangat mudah. Pertama, pilih tools dan tuliskan salah satu kata yang ingin dicari. Ketikkan di halaman pencarian web tersebut. Beberapa detik kemudian, berbagai keyword pun akan muncul. Setiap SEO tool mempunyai keterangan berbeda-beda. Sebaiknya, pilih alat pengecekdisertai volume plus nilai kompetisinya.

8. Up to Date dengan Perkembangan

Ada lagi cara yang mungkin berguna yakni mengikuti perkembangan zaman. Hal ini dilakukan demi mendapatkan keyword musiman. Kata kunci jenis itu sangat dibutuhkan, namun hanya pada waktu tertentu saja. Meskipun ia tidak bisa bertahan lama, tetapi ia dapat mendongkrak popularitas website.

Sebaiknya ikuti berita-berita terkini baik secara online atau offline. Anda pun bisa follow beberapa akun penting yang sering menginformasikan tentang kejadian paling aktual baik lokal maupun mancanegara. Cara riset keyword dengan ini memang sedikit ribet, tapi hasilnya sepadan.

9. Memanfaatkan Short Tail Keyword

Ini merupakan salah satu cara tercepat mendapatkan keyword. Anda bisa menggunakan kata kunci berupa satu kata atau 2 kata yang muncul dalam benak. Meskipun terdengar sederhana, namun jika mampu memilih istilah berkualitas, dampaknya cukup baik untuk website kesayangan.

Short keyword ini dinilai berkualitas karena hampir semua orang memulai pencarian suatu informasi dengan sebuah kata. Apalagi jika menggunakan kata kunci yang tepat, dijamin web akan naik peringkat di halaman pencarian.

10. Menghubungi Penyedia SEO

Cara paling muda dan praktis yang dapat dicoba yakni menghubungi spesialis SEO. Metode ini mengharuskan Anda mengeluarkan sedikit biaya untuk membayar jasanya. Namun, dengan biaya terjangkau, pemilik website bisa mendapatkan keywordbernilai tinggi.

Untuk mendapatkan biaya terjangkau, seseorang harus teliti sehingga mampu mendapatkan penyedia jasa terpecaya. Sebelum deal, pastikan menanyakan terlebih dahulu keunggulan dan kekurangannya. Adanya transparasi dari pihak perusahaan akan membantu Anda menemukan spesialis SEO terbaik.

11. Berbicara dengan Sang Ahli

Ada lagi cara saat melakukan riset keyword yaitu sering melakukan pembicaraan dengan sang ahli. Sebagai contoh, jika ingin menulis artikel tentang kecantikan, Anda bisa berbicara dengan influencer atau Youtuber khusus makeup.

Dengan demikian, penulis akan mengetahui trend terkini. Mungkin cara riset ini sedikit konvensial karena tidak menggunakan tool atau bantuan komputer sama sekali, namun sedikit banyak ia akan memberikan ide fresh yang bisa diterapkan pada pemilihan kata kunci untuk artikel Anda.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara riset keywordyang terbaik dan tidak merepotkan. Untuk memaksimalkan pencarian, Anda dapat mengombinasikan beberapa metode di atas sehingga tercipta kata kunci berkualitas,

Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini, wassalam...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar