Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Makanan Rekomendasi Terbaik untuk Ibu Hamil

Untuk menjaga tumbuh perkembangan bayi di dalam kandungan ibu hamil memerlukan berbagai nutrisi yang harus terpenuhi. Salah satu cara memenuhi semua kebutuhan tersebut adalah melalui makanan-makanan sehat. Ada beberapa makanan terbaik untuk ibu hamil yang direkomendasikan.

Pola hidup sehat harus diterapkan oleh ibu hamil termasuk juga mengkonsumsi makan-makanan yang penuh gizi. Hal ini dikarenakan jika makann yang masuk kurang seimbang, dikhawatirkan akan berpengaruh pada janin kandungan.

Oleh sebab itu dalam kesempatan kali ini saya akan share lewat artikel ini agar ibu-ibu hamil yang belum mengetahui dapat menyimak ulasannya dan akan mengetahuinya tentang hal tersebut, dan berikut rekomendasi makanan terbaik untuk ibu hamil yang menyehatkan:

Makanan yang Baik di Konsumsi untuk Ibu Hamil

1. Sayuran Hijau

Warna hijau dalam sayuran merupakan sumber folat zat besi dan kalsium, folat sendiri sangat penting selama masa kehamilan karena dapat mengurangi resiko terjadinya cacat tabung saraf pada bayi seperti spina bifida.

Beberapa contoh sayuran hijau terbaik dan cocok dikonsumsi ibu hamil adalah brokoli, bayam, sawi kale dan kubis. Jenis sayuran ini mengandung beragam nutrisi lain yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi , serat, kalium dan antioksidan.

2. Kacang Kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil di antaranya seperti protein, zat besi, mineral, folat, serat dan kalsium.

Kacang-kacangan ini juga akan membantu mengurangi resiko kelahiran bayi prematur dan berat lahir rendah. Contoh dari kacang-kacangan ini seperti kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang tanah dan lentil.

3. Buah Buahan

Buah-buahan juga mengandung banyak sekali vitamin, mineral dan serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah konstipasi. Beberapa jenis buah-buahan terbaik untuk ibu hamil di antaranya seperti jeruk, pepaya, mangga, melon, alpukat, stroberi, pisang dan kiwi.

Tidak hanya buah segar ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah dalam bentuk jus. Namun hindari menambahkan gula atau pemanis pada jus buah. Ini karena dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Daging Tanpa Lemak

Seperti banyak di ketahui daging merupakan sumber protein yang baik untuk di konsumsi ibu hamil sangat membutuhkan protein ini untuk pertumbuhan bayi dan memastikan otot-ototnya berkembang dengan maksimal.

Daging tanpa lemak ini juga membantu menyuplai dosis vitamin B6 dan sangat baik untuk pertumbuhan jaringan pada otak si bayi. Selain itu terdapat juga vitamin B12 yang akan membantu menjaga kesehatan syarat dan sel darah merah.

5. Produk Susu

Susu asli atau berbagai produk olahan berbahan susu sangat baik untuk di konsumsi ibu hamil. Hal ini karena kaya akan kalsium dan protein yang di butuhkan untuk pertumbuhan janin dan juga kesehatan tulang.

Selain itu susu juga mengandung fosfor, vitamin B, magnesium dan zinc serta probiotik yang dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan.

6. Yogurt

Yoghurt sebenarnya mengandung sedikit lebih banyak kalsium dari pada susu. Ditambah lagi yogurt sangat kaya akan nutrisi penting sreperti  vitamin B dan zat besi. Kalsium sangat penting untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat.

Ibu hamil harus memenuhi 1.000 mg kalsium perhari untuk mengurangi resiko bayi berat lahir rendah dan prematur. Jika jumlah kalsium yang dikonsumsi rendah tubuh akan mengambil kebutuhan kalsium bayi dari tulang ibunya, ini dapat beresiko si ibu terkena osteoporosis di kemudian hari.

7. Oatmeal

Oatmeal di penuhi oleh serat protein dan vitamin B6. Mengonsumsi semangkuk oatmeal untuk sarapan di pagi hari akan memberikan energi ekstra khususnya jika ibu hamil sedang merasa lelah atau mual-mual nutrisi yang dikandung oatmeal ini juga baik untuk perkembangan bayi kedepannya.

8. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 dan protein yang sangat baik untuk ibu hamil. Asam lemak omega-3 dalam ikan ini akan membantu perkembangan otak bayi serta meningkatkan keterampilan motorik dan mengurangi resiko masalah neurologis si kecil di kemudian hari.

9. Sereal

Mengonsumsi sereal saat sarapan menjadi salah satu makanan sehat untuk menjaga kehamilan. Sereal sendiri biasanya diperkaya vitamin dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Namun perlu perhatikan kadar gula, garam dan lemak di dalamnya agar tidak menggangu kesehatan ibu saat masa kehamilan.

10. Telur

Telur merupakan makanan yang sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil karena kaya akan omega 3 selain itu juga merupakan sumber zat besi dan kolin.

Kolin sendiri sangat baik untuk perkembangan otak dan membantu mengurangi resiko cacat saraf pada janin sikecil. Agar semua manfaatnya didapat secara maksimal, konsumsi telur baik putih ataupun kuningnya.

Makanan sehat memang banyak sekali jenisnya namun untuk ibu hamil ada beberapa makanan yang sangat disarankan seperti rekomendasi sepuluh makanan terbaik untuk ibu hamil yang dijelaskan di atas. Tidak melulu makanan berharga mahal tetapi juga makanan enak sehat dan mudah ditemukan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan dan semoga bermanfaat. Wassalam...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar