Skip to main content
Riyan Laiyan

follow us

Menyusuri Destinasi Wisata Taman Balekembang

Berbicara mengenai kota Solo Jawa Tengah tak bisa lepas dengan obyek wisata yang ada di dalam nya. Kota ini bisa menjadi alternatif bagi siapapun yang sedang mencari tempat untuk liburan. Solo di kenal masyarakat yang ramah dan tradisinya yang masih terus di jaga. Di kota ini ada obyek wisata bernama Taman Balekambang. Tempat ini awalnya merupakan sebuah tempat khusus yang di miliki oleh keluarga keraton,

Namun seiring berjalannya waktu bisa di akses oleh semua orang. Taman ini memiliki luas lima hektar sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengelilinginya, di tempat ini tumbuh berbagai jenis pohon yang membuat udara di sana begitu sejuk. Ini cocok banget buat di jadikan obyek wisata keluarga.

Sejarah Taman Balekembang

Taman ini merupakan area yang di bangun oleh KGPAA pada tahun 1921. ketika sudah selesai proses pembangunan, taman ini memiliki nama Partini Tuin yang diambil dari nama putri kesayangan orang tersebut. Suasana disini begitu nyaman untuk bersantai menikmati udara yang segar.

Nuansa sejarah memang kental teras di taman ini. Karena memang pada awal pembangunannya dikhususkan untuk keluarga kraton saja. Jadi ketika memasuki area taman balekembang, akan merasakan suasana Kraton Solo.

Masyarakat Solo menjadikan tempat ini sebagai salah satu alternatif dalam berwisata, tempatnya yang enak dan dekat membuatnya cocok untuk liburan bersama keluarga.

Lokasi Taman Balekembang

Taman Balekembang ini berada di Jl. Balekembang No.1, Manahan, Banjar Sari, Surakarta. Untuk menuju lokasi ini sebenarnya tidak sulit, wisatawan hanya perlu pergi ke stadion Manahan Solo kemudian menuju ke bagian sisi utaranya.

Taman Balekembang ini berada di sisi utara stadion tersebut sehingga mudah untuk menemukannya. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum untuk menuju lokasi.

Taman ini lokasinya tak jauh dari terminal sehingga ketika menggunakan bus bisa berhenti di terminal Tirronadi. Dari situ wisatawan bisa menyewa naik becak untuk sampai ke lokasi. Wisatawan benar-benar akan merasakan kehidupan Solo yang sebenarnya ketika mencoba menaiki becak.

Fasilitas Taman Balekembang

Obyek wisata yang satu ini memiliki berbagai fasilitas yang menarik yang membuat banyak orang penasaran dengan taman ini. Disini wisatawan bisa mencoba kereta kuda, perahu kayuh hingga mobil-mobilan fasilitas ini memang cocok banget buat anak anak yang suka tempat liburan yang memiliki banyak permainannya.

Tempatnya yang indah juga cocok banget di jadikan tempat untuk berfoto selfie ataupun pre wedding. Hebatnya lagi dari tempat ini adalah adanya hotspot wifi garatis yang di sediakan oleh pemerintah setempat dengan adanya fasilitas ini wisatawan akan betah berlama-lama di taman Balekembang.

Obyek wisata ini juga menjadi salah satu tujuan liburan bagi anak-anak muda yang suka dengan suasana yang sejuk, untuk memasuki kawasan taman Balekembang wisatawan perlu membayar biaya parkir saja sebesar Rp.5 ribu untuk mobil dan Rp.2 ribu. Jika ingin mencoba perahu kayuh bisa membayar Rp.10 ribu dan Rp.5 ribu jika ingin memasuki taman reptile.

Tips Liburan Ke Taman Balekembang

Untuk bisa menikmati liburan di taman Balekembang, wisatawan perlu menyiapkan berbagai hal, salah satunya memilih waktu yang tepat, sangat di sarankan untuk pergi kesana ketika hari biasa karena memang saat hari libur atau akhir pekan, jumlah pengunjungnya akan meningkat sehingga akan membuat liburan kurang seru, selain itu akan lebih baik jika membawa bekal makanan sendiri.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar